Tulisan 2
1.Paper tentang salah satu franchising yang berhasil
di Indonesia
Franchise untuk kejujuran atau kebebasan adalah
hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan
. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan
waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan
dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan
dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan
persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan
dan atau penjualan barang
dan jasa .
Salah satu franchising yang berhasil di
Indonesia adalah Mc Donalds, yaitu salah satu pewaralaba
rumah makan siap saji terbesar di dunia. McDonald's Corporation MCD (di Indonesia
terkenal dengan sebutan McD, dibaca Mek-di) adalah rangkaian rumah makan siap
saji
terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran-restoran McDonald's adalah hamburger,
namun mereka juga menyajikan minuman
ringan, kentang goreng, filet ayam dan
hidangan-hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Restoran
McDonald's pertama didirikan pada tahun 1940
oleh dua bersaudara Dick dan Mac McDonald, namun kemudian
dibeli oleh Ray Kroc
dan diperluas ke seluruh dunia. Sampai pada tahun 2004, McDonald's memiliki
30.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata
50.000.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1.700 orang. Restoran
McDonald's pertama di Indonesia terletak di Sarinah,
Jakarta
dan dibuka pada 23 Februari 1991. Berbeda dari
kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng
dan nasi
di restoran-restorannya di Indonesia.
Pada 1 Oktober
2009 McDonald's berubah
menjadi Tony Jack's Indonesia tetapi tidak seluruh gerai McDonald's.
Terdapat 13 gerai McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah antara lain
berlokasi di Sarinah
(Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading,
Sunter, Bandung Indah Plaza, Tunjungan
Plaza, Bandara Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua,
Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk.
Tak lama kemudian, pada tahun 2010 Tony Jack's Indonesia bangkrut dan diambil
ahli oleh McDonald's.
SEJARAH
Sejarah
MCD, dimana bisnis perusahaan ini dimulai di tahun 1940 dengan dibukanya sebuah
restoran
oleh Dick dan Mac McDonald, di San Bernardino, California.
Mereka memperkenalkan "Speedee Service System" pada tahun 1948, yang
kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji
moderen. Maskot awal McDonald's, yang bernama Speede, adalah seorang pria
dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. Speede kemudian
digantikan oleh Ronald McDonald di tahun 1963. McDonald's saat ini tidak
menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald's. Mereka
memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari Dick dan Mac
di Des Plaines, Illinois,
sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's
bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia.
Saham McDonald's mulai dijual kepada publik tahun 1965.
Sifat
agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara.
Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya
McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini
didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald
bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran
kini dijadikan monumen. Dengan ekspansi agresifnya
ke seluruh penjuru dunia, McDonald's dijadikan sebagai simbol globalisasi
dan penyebar gaya hidup
orang Amerika.
McDonald mempunyai Quarter Pounder dan Ronald McDonald House Charities
Quarter
Pounder itu adalah burger yang
dibuat oleh McDonald's dari sekitar 1/4 pound (4 ounce atau 114 gram) daging sapi,
yang ditimbang sebelum dimasak (di Australia
beratnya hanya sekitar 113.4 gram). Makanan ini pertama kali diperkenalkan di Fremont, California
sekitar tahun 1971-1972 dan menjadi bagian dari menu nasional Amerika Serikat
sekitar tahun 1973. Biasanya burger ini dijual dengan atau tanpa 2 lembar keju, tetapi Quarter
Pounder dengan keju jauh lebih populer daripada yang tanpa keju.
Di kebanyakan pasar yang tidak menggunakan
sistem ukuran Inggris,
Quarter Pounder dikenal sebagai Hamburger Royale, atau varian-variannya,
sebagaimana dijelaskan dalam film Pulp Fiction.
Di Kanada,
Australia,
Selandia Baru,
dan Swedia
yang menggunakan sistem metrik, burger ini tetap menggunakan nama Quarter
Pounder. Di Brasil
yang menggunakan sistem metrik, nama yang dipakai adalah Quarteirão com Queijo
.
Sedangkan Ronald McDonald House
Charities adalah Ronald McDonald House
Charities (Rumah Sosial Ronald McDonald), yang mengambil nama Ronald
McDonald, tokoh badut dari restoran cepat saji McDonald's,
adalah suatu losmen
yang didirikan dekat rumah sakit, tempat menginap untuk para orang
tua dari anak-anak yang sedang dirawat. Biaya menginap di losmen ini sangat
murah. Rumah Sosial Ronald McDonald yang pertama didirikan pada tahun 1974 di Philadelphia, Pennsylvania dan yang
pertama di luar Amerika Serikat didirikan pada tahun 1985 di Amsterdam,
Belanda.
Pada 5 Juli
2005, Rumah Sosial Ronald
McDonald yang ke-250 dibuka di Caracas, Venezuela.
MCD ini mempunyai tempat penyandang
dana dimana Dana untuk rumah sosial ini berasal dari sumbangan masyarakat.
Di banyak restoran cepat saji McDonalds, terdapat kotak amal yang hasilnya
diteruskan ke rumah sosial ini. Meskipun demikian, Rumah Sosial Ronald McDonald
bukan milik restoran cepat saji McDonald's, tetapi perusahaan franchise
ini menyumbangkan perabotan dan pelayanan secara cuma-cuma dengan tujuan untuk
mengurangi biaya operasi dan meningkatkan kesadaran sosial masyarakat. Pada tahun
2003, Joan Kroc, istri dari
pendiri McDonald's, Ray Kroc, menyumbangkan 60 juta USD kepada Rumah Sosial Ronald
McDonald.
Melalui Program Pengumpulan Tutup
Minuman Kaleng (Pop Tab Collection Program) yang dilaksanakan oleh Rumah Sosial
Ronald McDonald, hingga kini telah terkumpul dana sebesar 4 juta USD. Program
ini dilaksanakan agar orang-orang dan perusahaan-perusahaan dapat mengumpulkan
tutup minuman kaleng dan menyumbangkannya kepada rumah sosial ini.
Kesimpulan :
Jadi
berbisnis franchise adalah berbisnis dengan cara membeli nama / merk kepada
sang pemilik / penjual, untuk dikembangkan lagi lebih luas oleh para pembeli
franchise dengan maksud dan tujuan untuk meraup untung / penghasilan
sebanyak-banyaknya dengan cara menjual produk yang sudah mempunyai nama yang
cukup dikenal / diketahui oleh sebagian banyak orang di suatu Negara atau
bahkan sampai Mancanegara.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mc_Donalds2.Sebutkan keuntungan dari usaha franchising tersebut bagi pemilik
Keuntungan dan kerugian franchising
Keuntungan memasuki pasar
internasional dengan bisnis franchising, adalah :
- Pengalaman dan faktor sukses
- Bantuan keuangan dari franchising
- Brand nama dan reputasi
- Bisnis sudah terbangun
- Terdapat standar mutu
- Biaya produksi rendah
- Kesiapan manajemen
- Bantuan manajeman dan teknik
- Profit lebih tinggi
- Perlindungan wilayah
- Memperoleh manfaat market research dan product development
- Resiko gagal kecil
- Franchisor memberikan banyak bantuan, kepada franchisee.
Kerugian-kerugian franchising :
- Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan
- Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan
3.Apa dampak positif dari franchising tersebut bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia ?
Dampak positif franchising bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat Membawa dampak positif terhadap Perekonomian Indonesia melalui penciptaan lapangan pekerjaan baru yang dapat memberikan andil dalam mengatasi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan serta dapat mendorong berkembangnya peluang usaha baru degan adanya spesialisasi dan modernisasi distribusi dan nilai tambah aktifitasi produk nasional. http://eriantosimalango.wordpress.com/tag/franchise/